MARHABAN YA RAMADHAN - Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1441 H/ 2020 M - "Bersihkan diri Sucikan Hati Raih Ridha Illahi"


 

 I.        KUESIONER SUPERVISI MUTU

link download klik disini

 

1.    Kegiatan supervisi mutu dapat dilakukan sekurang-kurangnya satu kali

2.    Instrumen ini terdiri dari 4 bagian, yakni Sistem Penjaminan Mutu Internal, Manajemen Sekolah, Proses Pembelajaran dan Kompetensi Lulusan Siswa.

*        Bagian A untuk menggambarkan pemahaman sekolah mengenai standar/indikator serta untuk melihat keterlaksanaan SPMI pada satuan pendidikan.

*        Bagian B untuk melihat keterlaksanaan penjaminan mutu pendidikan pada manajemen yang dilakukan oleh sekolah, kendala apa yang dihadapi sekolah, upaya apa yang sudah dilakukan hingga tindaklanjut apa yang akan dilaksanakan sekolah kedepannya yang akan meningkatkan pelaksanaan dan pengelolaan manajemen yang ada di sekolah.

*        Bagian C untuk melihat keterlaksanaan penjaminan mutu pendidikan pada proses pembelajaran disekolah, kendala apa yang dihadapi sekolah, upaya apa yang sudah dilakukan hingga tindaklanjut apa yang akan dilaksanakan sekolah ke depannya yang akan meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah.

*        Bagian D untuk melihat keterlaksanaan penjaminan mutu pendidikan pada kompetensi kelulusan siswa, kendala yang terjadi di sekolah, upaya yang sudah dilakukan hingga tindaklanjut yang akan dilakukan oleh sekolah dalam meningkatkan mutu dari kompetnsi siswa.

3.    Petugas Supervisi mencatat kondisi sekolah dan masalah di sekolah yang disupervisi, dengan mengacu pada indikator supervisi mutu.

4.    Selanjutnya Petugas Supervisi bersama pihak Sekolah melakukan diskusi untuk menemukan solusi atau tidak lanjut untuk peningkatan mutu sekolah.


A. SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

Tujuan: Untuk mendapatkan gambaran tentang pemahaman sekolah terhadap standar serta untuk mengetahui sejauh mana sekolah sudah melaksanakan SPMI

Hal-hal yang perlu digali:

1.        Pemahaman satuan pendidikan tentang standar K13, PPK Literasi dan SNP.

2.        Sosialisasi standar yang pernah diikuti dan didesiminasikan di sekolah (Jenis standar, peserta, kuantitas pelaksanaan)

3.        Permasalahan yang dihadapi sekolah dalam pemahaman standar 

4.        Tindak lanjut yang dilakukan oleh sekolah agar warga sekolah memahami seluruh standar

5.        Pemahaman warga sekolah mengenai SPMI

6.        Keberadaan TPMPS

7.        Pemahaman TPMPS tentang peran dan fungsinya

8.        Pelaksanaan siklus SPMI

9.        Pemetaan mutu

10.    Penyusunan perencanaan berdasarkan Rapor Mutu

11.    Pelaksanaan pemenuhan mutu

12.    Monitoring Pelaksanaan program dan evaluasi capaian


 

1.         Dokumen yang sudah dimiliki dan difahami oleh sekolah terkait SNP :  (cheklist dokumen yang dimiliki pada kota di samping )

*  UU-RI  Nomor  20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

*  Peraturan Pemerintah  Nomor  19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Perubahannya (PP Nomor 32/2013; dan PP Nomor 13/2015)

*  Perpres Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

*  Permendikbud Nomor 70 tahun 2009 tentang  Pendidikan Inklusi (bagi sekolah yang melaksanakan)

*  Permendikbud Nomor 61 tahun 2014 tentang KTSP pada  Pendididikan Dasar dan Menengah

*  Permendikbud Nomor 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada  Pendididikan Dasar dan Menengah

*  Permendikbud Nomor 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada  Pendididikan Dasar dan Menengah

*  Permendikbud Nomor 79 tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.

*  Permendikbud RI Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum  2006 & Kurikulum 2013

*  Permendikbud 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti

*  Permendikbud RI Nomor 20 tahun 2016 tentang SKL pada  Pendididikan Dasar dan Menengah

*  Permendikbud RI Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi pada Dikdasmen

*  Permendikbud RI Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses pada Dikdasmen

*  Permendikbud RI Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan

*  Permendikbud RI Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 yang telah diubah ke dalam Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan Permendikbud RI Nomor 24 tahun 2016 

*  Permendikbud RI Nomor 28 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

*  Permendikbud RI Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan

*  Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

*  Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021.

*  Peraturan Gubernur Riau Nomor 72 tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal  Budaya Melayu Riau

*  PP 17 tahun 2010 yang telah diubah kedalam PP nomor 66 tahun 2010 tentang pengelolaan pendidikan.

*  PP nomor 74 tahun 2008 tentang Guru  yang telah diubah kedalam PP nomor 19 tahun 2017 tentang Perubahan atas PP nomor 74 tahun 2008 tentang guru

*  Permendiknas nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasana

*  Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah

*  Permendikbud Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

*  Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 tentang Pemenuhan beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

*  Permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

*  Permendikbud Nomor

*  SE Sesjen No 15 tahun 2020 tentang Pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid 19

*  Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020

*  Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020

*  Keputusan Bersama 4 Menteri (Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri) Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademi K Baru Di Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19)

*  Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)

*  SK Dirjen No. 330/D.D05/KEP/KR/2017 Tentang KI-KD

*  Perdirjen Dikdasmen No. 07/D.D5/KK/2018 Tentang Struktur Kurikulum SMK

*  Perdirjen Dikdasmen No. 464/D.D5/KR/2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran SMK

*  Buku Indikator Mutu

 

 

2.        Standar yang sudah disosialisasikan kepada Guru adalah?

*  SKL

*  Standar Isi

*  Standar Proses

*  Standar Penilaian

*  Standar Sarpras

*  Standar Manajerial

*  Standar Pembiayaan

*  Standar PTK

*  Standar atau aturan yang berkaitan dengan Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

 

3.        Apakah permasalahan yang dihadapi sekolah dalam pemahaman Standar?

*  Kurang sosialisasi

*  Regulasi yang sering berubah

*  Kemampuan SDM terbatas

*  Sarana dan prasarana tidak mendukung

*  Anggaran tidak mendukung

*  Belum memiliki buku indikator mutu

*  Lainnya (sebutkan) ….

 

4.        Tindak lanjut yang dilakukan sekolah terkait identifikasi permasalahan diatas ….

*  Meningkatkan sosialisasi

*  Meningkatkan kemampuan SDM

*  Pengadaan sarana dan prasarana

*  Meningkatkan Anggaran 

*  Memiliki buku indikator

*  Lainnya (sebutkan) ….

 

5.        Pernahkah sekolah mendapatkan Sosialisasi SPMI?

o           Pernah

o           Tidak Pernah

 

6.        Jika pernah, siapakah yang melakukan sosialisasi?

o           Pengawas Sekolah

o           Fasilitator Daerah (Fasda)

o           Dinas Pendidikan

o           Tim Penjaminan Mutu Pendidikan (TPMPD)

o           LPMP

 

7.        Apakah sekolah sudah memiliki Tim Penjaminan Mutu Pendidikan (TPMPS)?

o           Sudah

o           Belum

 

8.        Apakah TPMPS paham dengan tugas dan fungsinya?

o           Paham

o           Tidak Paham

 

9.        Apakah rekomendasi berdasarkan hasil rapor mutu?

o           Ya

o           Tidak

 

10.    Apakah sekolah menyusun rencana pemenuhan mutu berdasarkan rekomendasi?

o           Ya

o           Tidak

 

11.    Apakah Sekolah mensinkronkan rencana implementasi pemenuhan mutu dengan RKS dan RKAS?

o           Ya

o           Tidak

 

12.    Tahapan pelaksanaan Monev yang sudah dilakukan sekolah:

*  Belum ada

*  Rencana Program Monev

*  Menyusun Instrumen Monev

*  Melaksanakan Monev

*  Menyusun rencana tindak lanjut hasil Monev

 

13.     Warga sekolah dapat menjelaskan sekolah saat ini berada pada tahap siklus SPMI

o  Pemetaan Mutu

o  Perencanaan Pemenuhan Mutu

o  Pemenuhan Mutu

o  Monitoring dan Evaluasi

o  Penetapan Standar Baru

14.     Sekolah telah melalui tahapan siklus SPMI berikut ini :

* Pemetaan Mutu

* Perencanaan Pemenuhan Mutu

* Pemenuhan Mutu

* Monitoring dan Evaluasi

* Penetapan Standar Baru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. MANAJEMEN SEKOLAH

Tujuan: untuk melihat keterlaksanaan penjaminan mutu pendidikan pada manajemen yang dilakukan oleh sekolah, kendala apa yang dihadapi sekolah, upaya apa yang sudah dilakukan hingga tindaklanjut apa yang akan dilaksanakan sekolah kedepannya yang akan meningkatkan pelaksanaan dan pengelolaan manajemen yang ada di sekolah.

Indikator Manajemen sekolah

1

Manajemen dokumen sekolah

2

Manajemen berbasis sekolah (pengumpulan data di sekolah, jenis data yang diambil, updatingnya)

3

Ketersediaan pendidik dan tenaga pendidikan

4

Sekolah memiliki bangunan/ruang yang mendukung program peningkatan mutu (pojok baca, area baca, pemanfaatan papan sekolah, dll)

5

Manajemen lingkungan, perpus, labor, kelas

6

Tim yang menggerakkan penjaminan dan peningkatan mutu (K13, literasi, PPK dan SNP).

7

Penghargaan atas upaya atau hasil kegiatan peningkatan mutu

8

Sekolah menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler

9

Pengembangan Jejaring Tri Pusat Pendidikan (Sekolah, Keluarga, Masyarakat)

10

Pengembangan peran guru sebagai tutor, fasilitator, katalisator, pelindung dan penghubung sumber-sumber belajar

11

Pembiasaan nilai-nilai utama Karakter dalam keseharian secara rutin (Upacara, kegiatan literasi, menyanyikan lagu Kebangsaan, Lagu Nasional/Daerah, berdoa bersama, dsb)

12

Pengembangan Branding sekolah (citra keunikan, kekhasan dan keunggulan)

13

Pengembangan norma, peraturan, dan tradisi sekolah yang aman dan menyenangkan

14

Pengembangan potensi peserta didik melalui keteladanan Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan sepanjang waktu dalam kehidupan sehari-hari

15

Kepala Sekolah mengembangkan peran sebagai manajer, inovator, motivator, dan kolaborator

16

Pelibatan dan pemberdayaan (lembaga keagamaan, seni, budaya, bahasa, sastra, sains, TIK, sosial, ekonomi, olahraga, dsb) di sekolah

17.

Pemanfaatan sekolah sebagai sumber belajar bagi masyarakat sekitarnya

 


 

A.      Manajemen Dokumen Sekolah

1.          Satuan pendidikan memiliki pedoman pengelolaan satuan pendidikan selama masa pandemi yang terdiri dari :

ÿ     Belajar Dari Rumah

ÿ     Jadwal Piket

 

Jika tidak memiliki, penyebabnya adalah :

ÿ     Dinas pendidikan tidak mewajibkan Satuan pendidikan

ÿ     Satuan pendidikan tidak mendapat informasi

ÿ     Satuan pendidikan menganggap tidak perlu

ÿ     Lainnya, sebutkan .............

 

2.          Pedoman mengajar yang dibuat menjangkau semua siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus:

o   Ya

o   Tidak

 

Jika tidak, penyebab sehingga pedoman tersebut tidak menjangkau siswa berkebutuhan khusus:

o  Tidak ada siswa berkebutuhan khusus di Satuan pendidikan

o  Satuan pendidikan tidak memahami cara menyusun pedoman yang menjangkau semua siswa

o  Lainnya (sebutkan) ……………………………….

 

3.          RPP  untuk masa darurat COVID-19 memuat instruksi dan materi pembelajaran, media dan materi yang sesuai dengan moda pelaksanaan Daring/luring?

o  Sudah

o  Belum

o  Sebahagian

 

Jika belum, sebutkan alasannya!

ÿ       Kurangnya pemahaman  guru dalam menyusun RPP

ÿ       Kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran daring

ÿ       Kurangnya pemahaman tentang pembelajaran luring

ÿ       Kurangnya penguasaan guru di bidang IT

ÿ       Lainnya, sebutkan...............

 

4.          RPP untuk masa Pandemi Covid-19 memuat instruksi untuk melakukan adaptasi materi pembelajaran untuk peserta didik penyandang disabilitas?

o  Sudah

o  Belum

o  Sebahagian

Jika belum, penyebab belum dimuatnya instruksi adalah:

*   Satuan Pendidikan tidak memiliki peserta didik penyandang disabilitas

*   Satuan Pendidikan tidak memiliki pendidik khusus untuk penyandang disabilitas

*   Lainnya, sebutkan ….

 

5.          Satuan pendidikan memiliki rencana kerja pembersihan  seluruh sarana dan prasarana satuan pendidikan minimal 2 (dua) kali sehari, saat sebelum KBM dimulai dan setelah KBM selesai sesuai dengan SE Sesjen No. 15 Tahun 2020

o   Ya

o   Tidak

Jika ya, bentuknya:

*  Mempersiapkan petugas

*  Membuat jadwal secara berkala

*  Mempersiapkan peralatan pembersihan

*  Lainnya, sebutkan ….

Jika tidak, penyebabnya adalah:

*  Satuan Pendidikan tidak mempunyai biaya

*  Satuan Pendidikan tidak mendapat informasi

*  Satuan Pendidikan belum memandang perlu pembersihan sarana dan prasarana oleh petugas tertentu

*  Lainnya, sebutkan ….

 

6.          Satuan pendidikan memiliki dokumen Protokol Kesehatan Umum Satuan Pendidikan

o     Ya

o     Tidak

Jika tidak, penyebabnya adalah ….

*  Dinas Pendidikan tidak mewajibkan satuan Pendidikan

*  Satuan Pendidikan tidak mendapat informasi

*  Satuan Pendidikan tidak memahami cara menyusun protokol kesehatan umum Satuan Pendidikan

*  Lainnya, sebutkan ….

 

7.          Satuan pendidikan memiliki dokumen Prosedur Operasional Standar (POS) persiapan berangkat siswa dari rumah menuju satuan Pendidikan

o   Ya

o   Tidak

Jika tidak, penyebabnya adalah ….

*  Dinas Pendidikan tidak mewajibkan satuan Pendidikan

*  Satuan Pendidikan tidak mendapat informasi

*  Satuan Pendidikan tidak memahami cara menyusun POS persiapan berangkat siswa dari rumah menuju satuan Pendidikan

*  Lainnya, sebutkan ….

 

8.          Satuan pendidikan memiliki pusat informasi bagi warga satuan pendidikan :

o           Ya

o           Tidak

Jika ya, pusat informasi dalam bentuk:

*  Posko Penanganan Covid-19

*  Kontak Person

*  Akun media social

*   

*  Lainnya, sebutkan ….

 

Jika tidak, alasannya …………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………..

 

B.         Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

9.          Satuan Pendidikan melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait, diantaranya:

*  Dinas Pendidikan

*  Gugus penanganan Covid-19 setempat

*  Puskesmas setempat

 

10.      Satuan Pendidikan memiliki materi edukasi untuk orang tua dalam pembiasaan protokol Kesehatan masa Pandemi Covid-19?

o    Ya

o    Tidak

Jika ada, dilakukan dalam bentuk:

*  Video

*  Sosialisasi langsung

*  Buku panduan/buku saku

*  Lainnya, sebutkan ….

Jika tidak, penyebabnya:

*  Kurangnya kompetensi guru

*  Tidak adanya pedoman

*  Lainnya, sebutkan ….

 

11.      Satuan Pendidikan melakukan koordinasi dengan pihak berkepentingan untuk mendapatkan layanan dukungan psikososial terhadap guru, siswa, dan orang tua:

o    Ya

o    Tidak

 

12.      Apakah di satuan Pendidikan terdapat Tim Siaga Darurat penanganan Covid-19?

o    Ada

o    Belum

 

13.      Apakah ada program pembekalan mengenai tugas dan tanggung jawab kepada tim?

o    Ada

o    Belum

 

14.      Apakah ada kerja sama/koordinasi antara tim siaga darurat penanganan Covid-19 Satuan Pendidikan dengan instansi lain?

o    Ada

o    Belum

 

Jika ada, kerja sama dengan instansi:

*  Dinas Pendidikan

*  Dinas Kesehatan

*  Lainnya, sebutkan ….

 

15.      Satuan Pendidikan memberikan laporan secara berkala kepada Dinas Pendidikan dan/atau pos Pendidikan:

o    Ya

o    Tidak

Jika ya, laporan berisi tentang:

*  Kondisi Kesehatan warga satuan Pendidikan

*  Metode pembelajaran jarak jauh yang digunakan

*  Jumlah peserta didik yang belum terlayani

*  Kendala pelaksanaan BDR

*  Praktik baik dan capaian hasil belajar peserta didik

 

Jika tidak, penyebabnya:

*  Dinas Pendidikan tidak mewajibkan satuan Pendidikan

*  Satuan Pendidikan tidak mendapat informasi

*  Satuan Pendidikan tidak memiliki sumber daya untuk Menyusun

*  Lainnya, sebutkan ….

 

 

16.      Satuan Pendidikan aktif mempromosikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19:

o    Ya

o    Tidak

Jika ya, bentuk promosi tersebut berupa:

*  Poster

*  Konten di media sosial

*  Papan pengumuman satuan Pendidikan

*  Spanduk

*  Brosur

*  Pemberitahuan

*  Lainnya, sebutkan ….

 

Jika tidak, alasannya adalah

…………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………….....

 

17.      Satuan Pendidikan memiliki aturan kewajiban menggunakan masker saat di satuan Pendidikan:

o    Ya

o    Tidak

 

18.      Satuan pendidikan membuat, memiliki dan menempatkan media sosialisasi tentang pengetahuan pencegahan dan penanggulangan covid 19 bagi warga satuan Pendidikan:

o    Ya

o    Tidak

Jika ya, media diletakkan di:

*  Kantin

*  Toilet

*  Fasilitas CTPS

*  Lorong

*  Tangga

*  Lokasi antar jemput

*  Tempat lainnya, sebutkan ….

 

Isi pesan dari media tersebut adalah ….

*  informasi pencegahan COVID-19 dan gejalanya;

*  protokol kesehatan selama berada di lingkungan satuan pendidikan;

*  informasi area wajib masker, pembatasan jarak fisik, CTPS dengan air mengalir serta penerapan etika batuk/bersin

*  ajakan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

*  prosedur pemantauan dan pelaporan kesehatan warga satuan Pendidikan

*  informasi kontak layanan bantuan kesehatan jiwa dan dukungan psikososial

*  protokol kesehatan

 

Jika tidak, sebutkan alasannya

……………………………………………………………………...………………………………………………………………………………………………………………….......



19.      Satuan pendidikan memiliki pusat sistem dan prosedur manajemen kedaruratan bencana alam:

o    Ya

o    Tidak

Jika ya, dalam bentuk:

*  Posko bencana alam di masa Covid-19

*  Lainnya, sebutkan ….

 

Jika tidak, sebutkan alasannya

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………........

C.        Pengembangan Peran Guru

20.      Apakah selama masa pandemi Covid-19 guru melaksanakan pembelajaran daring/luring ?

o    Ya

o    Tidak

Jika daring, aplikasi yang digunakan:

*  WA Group

*  Google Classroom

*  Edmodo

*  Rumah Belajar

*  Microsoft Teams

*  Lainnya, sebutkan ….

 

Jika luring, menggunakan:

*  Televisi

*  Radio

*  Modul belajar mandiri dan LK

*  Bahan ajar cetak

*  Alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar

*  Konsultasi tatap muka ke Satuan Pendidikan

*  Visitasi guru ke rumah

*  Lainnya, sebutkan ….

 

Jika tidak, penyebabnya:

*  Kurangnya kompetensi guru di bidang IT

*  Kurangnya sarana dan prasarana guru

*  Tidak adanya jaringan internet

*  Kondisi ekonomi orang tua siswa

*  Kondisi keuangan guru

*  Lainnya, sebutkan ….

 

D.          Sarana Prasarana

 

21.      Sarpras pembelajaran yang didistribusi Satuan pendidikan ke siswa berupa:

*  Alat peraga

*  LKPD

*  Modul

*  Lainnya, sebutkan ….

 

22.      Satuan pendidikan memiliki toilet yang terjaga kebersihannya

o    Ya

o    Tidak

 

23.      Satuan pendidikan memiliki fasilitasi cuci tangan pakai sabun di lingkungan Satuan pendidikan yang terletak di:

*  dekat gerbang masuk Satuan Pendidikan

*  depan kelas

*  depan kantin

*  depan majelis guru

*  depan perpustakaan

*  depan laboratorium

*  tempat lainnya, sebutkan ….

 

E.        Manajemen Lingkungan

 

24.      Satuan pendidikan melakukan pengukuran suhu tubuh warga Satuan pendidikan yang memasuki Satuan pendidikan:

o    Ya

o    Tidak

25.      Satuan pendidikan memiliki Posko COVID 19 yang mudah di jangkau

o    Ya

o    Tidak

 

26.      Satuan pendidikan memiliki jadwal kunjungan petugas puskesmas untuk mengecek kondisi kesehatan warga Satuan Pendidikan:

o    Ya

o    Tidak

 

F.         Program Peningkatan Mutu

27.      Satuan pendidikan memastikan  ketersediaan gawai/komputer/ laptop untuk fasilitas pembelajaran daring yang dimiliki guru dalam memfasilitasi pembelajaran jarak jauh:

o    Ya

o    Tidak

 

28.      Satuan pendidikan memiliki data siswa yang memiliki dan tidak memiliki perlengkapan untuk pembelajaran daring:

o    Ya

o    Tidak

 

29.      Satuan pendidikan memastikan guru dan siswa mendapatkan akses untuk pembelajaran luring

o    Ya

o    Tidak

 

30.      Satuan pendidikan mendistribusi sarana pembelajaran luring dan alat peraga ke rumah peserta didik termasuk alat peraga pendidikan bagi peserta didik penyandang disabilitas (bagi yang tidak memiliki akses ke pembelajaran daring).

o    Ya

o    Tidak

Jika ya, contoh metode yang digunakan:

*  Kunjungan langsung dari satuan Pendidikan

*  Siswa dan guru mendatangi satuan Pendidikan

*  Lainnya, sebutkan …..

 

Jika tidak, penyebabnya:

*  Satuan Pendidikan tidak menyiapkan

*  Tempat tinggal siswa sulit dijangkau

*  Jumlah guru terbatas untuk mendistribusi

*  Lainnya, sebutkan ….

 

G.        Program Sekolah

31.      Apakah Satuan pendidikan telah  membuat program pengasuhan untuk mendukung orang tua/wali untuk mendampingi peserta didik?

o    Sudah

o    Belum

Jika sudah, berapa kali program pengasuhan itu dilakukan?

o    1 x seminggu

o    1 x sebulan

o    2 x sebulan

o    Lainnya, sebutkan ….

Jika sudah, pengasuhan dilakukan dalam bentuk:

*  Kunjungan langsung berkelompok

*  Video

*  Lainnya, sebutkan ….

 

Jika belum, penyebabnya:

*  Kurangnya fasilitasi dari satuan Pendidikan

*  Kurangnya sarana prasarana

*  Kondisi sosial ekonomi orang tua/wali

*  Lainnya, sebutkan ….

 

32.      Satuan pendidikan menyosialisasikan dan menyampaikan sistem dan prosedur pencegahan penyebaran covid 19 ke seluruh warga satuan pendidikan:

o    Ya

o    Tidak

Jika ya, sosialisasi dilakukan dalam bentuk:

*  Rapat dengan komite

*  Pengumuman

*  Lainnya, sebutkan ….

 

Jika tidak, alasannya……………………………………………………………… ……………..………………………………………………………..……………………...

H.        PPK dan Literasi

33.      Kurikulum 2013 yang digunakan di satuan pendidikan :

*  Kurikulum 2013 lengkap

*  Kurikulum Darurat (daerah khusus)/kurikulum 2013 yang disederhanakan Kemdikbud

*  Kurikulum yang disederhanakan secara mandiri

 

34.      Pelaksanaan pembelajaran mengandung muatan :

*  Pembelajaran bermakna

*  Pembelajaran kecakapan hidup

*  Pembelajaran praktik

 

35.      Kepala Satuan pendidikan dan guru di satuan pendidikan selalu memberikan informasi pencegahan COVID 19 sebelum pembelajaran di mulai

o    Ya

o    Tidak

 

36.      Kursi di ruang kelas di atur dengan jarak minimal 1 meter:

o    Ya

o    Tidak

 

37.      Kepala satuan pendidikan dan guru selalu memberikan contoh mencuci tangan menggunakan sabun

o    Ya

o    Tidak

 

38.      Kepala satuan pendidikan dan guru selalu mengingatkan untuk tidak menyentuh wajah, terutama hidung mata dan mulut

o    Ya

o    Tidak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    PROSES PEMBELAJARAN

Tujuan: untuk melihat keterlaksanaan penjaminan mutu pendidikan pada proses pembelajaran disekolah, kendala apa yang dihadapi sekolah, upaya apa yang sudah dilakukan hingga tindaklanjut apa yang akan dilaksanakan sekolah kedepannya yang akan meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah.

Indikator Proses Pembelajaran:

1

Aktivitas Siswa Saat Pembelajaran

2

Aktivitas Guru Dalam Membuka Pembelajaran

3

Sumber Belajar

4

Kegiatan Guru Pada Saat Pembelajaran

5

Metode Pembelajaran

6

Media Pembelajaran

7

Aktivitas Penutupan Pembelajaran

8

Karakteristik Kompetensi Sikap

9

Sikap Siswa

10

Permasalah Sikap

11

Kekerasan

12

Keterampilan Siswa

13

Sumber Pembelajaran

14

Teknologi Untuk Belajar

15

Aktifitas Belajar

16

Prestasi Siswa

17

Lingkup Pengembangan

18

Perangkat Pembelajaran

19

Pemanfaatan Hasil Penilaian

20

Teknik Penilaian (Sikap,ketrampilan, dan pengetahuan)

 


Instrumen bagi Sekolah yang melaksanakan PJJ

1.     

Tambahan

 
Kurikulum yang digunakan sekolah

*  K-13

*  Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus)

*  Melakukan penyederhanaan kurikulu secara mandiri

 

2.      Guru memiliki dokumen RPP PJJ masa Pandemi Covid-19T.P. 2020/2021?

o    Ya

o    Tidak

Jika tidak, penyebab guru tidak menyusun dokumen:

*  Kepala sekolah tidak mewajibkan guru

*  Guru kurang memahami cara menyusun RPP PJJ

*  Lainnya, tuliskan ….

 

3.        Komponen yang sudah termuat dalam RPP PJJ tersebut:

*  Tujuan

*  Kegiatan pembelajaran

*  Evaluasi

*  LKPD

*  Lainnya, tuliskan ….

 

4.        Mengikuti pelatihan daring dalam rangka peningkatan kapasitas dan kompetensi pengelolaan pembelajaran masa pandemi covid-19:

o    Tidak pernah

o    Pernah

 

5.        Fokus materi kecakapan hidup yang sudah termuat dalam RPP:

*  Literasi dan numerasi

*  Pencegahan dan penanganan pandemi covid-19

*  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas)

*  Kegiatan rekreasional dan aktivitas fisik

*  Spiritual keagamaan

*  Penguatan karakter dan budaya

*  Lainnya, sebutkan …..

 

6.        Langkah pra pembelajaran dalam penyiapan administrasi pembelajaran yang sudah dilakukan:

   Menyiapkan RPP

   menyiapkan bahan ajar

   menyiapkan jadwal

   menyiapkan penugasan/LKPD

   menyiapkan lembar aktivitas siswa/pemantauan

 

7.        Langkah pra pembelajaran dalam pendistribusian bahan ajar yang sudah dilakukan:

   mengirimkan ke peserta didik/orang tua/wali

   Orang tua/peserta didik menjemput ke sekolah

   Memastikan semua peserta didik telah mendapatkan lembar jadwal dan penugasan

   Memastikan pengiriman/penjemputan mengacu pada protokol covid 19

 

 

 

8.        Moda pembelajaran yang digunakan?

o    Daring

o    Luring

o    Kombinasi (daring dan luring)

 

Moda Daring

9.        Proses pembelajaran dengan moda daring dilakukan melalui:

*  Tatap muka virtual

*  Learning Management System (LMS)

*  Media Sosial

 

Jika dijawab Tatap muka virtual, media yang digunakan

   Zoom Meeting

   Webex Cisco

   Google Hangout Meets

   Microsoft Teams Rooms

   Jitsi Meet

   Lainnya…………………….

 

Jika menggunakan Learning Management System (LMS), jenis yang digunakan;

   Edmodo

   Google Classroom

   Office 365

   Moodle

   Blog

   Lainnya …………………

 

Jika menggunakan Media Sosial, jenis yang digunakan:

   WhatsApp

   Telegram

   Facebook

   Youtube

   Twitter

   Instagram

   Lainnya………………..

 

10.    Langkah pra pembelajaran yang sudah dilakukan:

   membuat grup aplikasi komunikasi orang tua/wali peserta didik

   membuat grup aplikasi komunikasi peserta didik;

   menginventarisir ketersediaan sarana;

   memilih aplikasi media yang akan digunakan;

   memastikan pemahaman penggunaan aplikasi media yang digunakan

   menetapkan materi dan jadwal

   memastikan orang tua/wali peserta didik/peserta didik mendukung pembelajaran daring

 

11.    Jika menggunakan tatap muka virtual dan media sosial, langkah yang sudah dilakukan:

   Memeriksa kehadiran peserta didik

   Berdoa sebelum pembelajaran dimulai

   Penyampaian materi sesuai dengan metode

   Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya, mengemukakan pendapat

   Menyimpulkan pembelajaran

   melakukan refleksi

 

12.    Jika menggunakan LMS, Langkah yang sudah dilakukan:

   Mengkomunikasikan orang tua/wali peserta didik atau peserta didik terkait penugasan belajar;

   Memastikan orang tua/wali peserta didik mengikuti pembelajaran dan mengakses LMS

   Memantau aktivitas peserta didik dalam LMS

   Membuka layanan konsultasi

 

13.    Langkah saat pembelajaran yang sudah dilakukan:

  Pembelajaran luring didampingi orang tua/wali peserta didik sesuai dengan jadwal dan penugasan yang telah diberikan

  Guru melakukan kunjungan kerumah peserta didik

  Jika menggunakan radio dan televisi guru terlibat mendengarkan dan menonton siaran yang sedang berlangsung

  Berdoa sebelum dan sesudah belajar

 

14.    Langkah pasca pembelajaran yang sudah dilakukan:

   Mengumpulkan lembar aktivitas

   Penugasan

   Memberikan umpan balik

 

Moda Luring

15.    Langkah usai pembelajaran yang sudah dilakukan:

   Mengumpulkan lembar aktivitas dan penugasan

   Orang tua/wali peserta didik menandatangani lembar pemantauan harian pada lembar aktivitas peserta didik;

   Penugasan sesuai jadwal

   Hasil penugasan dijadikan sebagai bahan refleksi

 

 

 

16.    Sumber belajar yang digunakan dalam moda luring:

   Media Cetak

   Buku

   Modul

   Lingkungan

   Media televisi

   Media radio

   Lainnya …………..

 

 

Instrumen bagi Sekolah yang melaksanakan Tatap Muka

1.        Materi dan perangkat pembelajaran yang sudah disiapkan:

   RPP

   Materi/Modul

   LKPD

   Media/Alat peraga

 

2.        Perangkat pembelajaran yang dibuat sudah sesuai dengan ketentuan pembelajaran masa covid 19

  Waktu/Jadwal

  Materi

 

3.        Saat kedatangan peserta didik, dilakukan pemeriksaan:

  Pengukuran suhu tubuh

  Identifikasi adanya gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak napas

  Memastikan siswa membawa masker

  Memastikan siswa membawa tisu

  Memastikan siswa mencuci tangan sebelum masuk sekolah atau menggunakan cairan pembersih tangan (Handsanitizer)

 

4.        Jika Siswa tidak membawa masker, guru/petugas melakukan:

  Menyediakan masker

  Menyuruh siswa pulang

  Membiarkan tetap tidak menggunakan masker

  Menegur siswa yang tidak membawa masker

 

5.        Guru melakukan kegiatan pendahuluan:

  Absensi

  Apersepsi

  Motivasi

 

 

 

6.        Semua siswa menggunakan masker sepanjang pembelajaran berlangsung

o  Ya

o  Tidak

 

7.        Siswa tetap menjaga jarak selama proses pembelajaran (Ke belakang Belum dibuat bank solusi)

o  Ya

o  Tidak

 

8.        Siswa tetap tidak melakukan kontak fisik, seperti bersalaman.

o  Ya

o  Tidak

 

9.        Menerapkan etika batuk/bersin

o  Ya

o  Tidak

 

10.    Konsisten terhadap jadwal pelajaran yang telah disusun berdasarkan ketentuan

o  Ya

o  Tidak

 

11.    Jumlah siswa dikelas tidak lebih dari 18 orang.

o  Ya

o  Tidak

 

Jika Tidak, berapa jumlah siswa

……………………….

 

Jika Ya, jarak antar siswa 1,5 meter

o  Ya

o  Tidak

 

12.    Pembelajaran berlangsung:

  Sesuai RPP

  Menggunakan media pembelajaran

  Model/metode pembelajaran aktif

 

13.    Pada akhir pembelajaran, hal yang dilakukan guru:

  Kesimpulan bersama (guru dan siswa)

  Penilaian

  Tindak lanjut

 

14.    Setelah pembelajaran usai, siswa melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS):

o  Ya

o  Tidak

 

15.    Siswa berpamitan dengan tidak bersentuhan

o  Ya

o  Tidak

 

16.    Siswa keluar kelas satu persatu dengan tetap menjaga jarak

o  Ya

o  Tidak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.  KOMPETENSI LULUSAN/SISWA

Tujuan: untuk melihat keterlaksanaan penjaminan mutu pendidikan pada proses pembelajaran disekolah, kendala apa yang dihadapi sekolah, upaya apa yang sudah dilakukan hingga tindaklanjut apa yang akan dilaksanakan sekolah kedepannya yang akan meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah.

Indikator Kompetensi Lulusan:

1.         Sikap siswa dalam lingkungan sekolah

2.         Budaya membaca

3.         Budaya menulis

4.         Usaha siswa dalam mendapatkan informasi

5.         Cara siswa berpendapat

6.         Prestasi yang dihasilkan siswa  didalam lingkup ilmu pengetahuan

7.         Prestasi yang dihasilkan siswa  didalam lingkup maupun minat dan bakat

8.         Pola pikir siswa

9.         Budaya gotong royong dan pasrtisipasi masyarakat dalam mendukung program yang ada disekolah

10.     Pemahaman siswa dalam mengikuti proses pembelajaran

 

 


 

Sikap Peserta Didik selama BDR

1.        Sikap yang ditunjukkan oleh peserta didik selama proses pembelajaran BDR:

*  selalu memakai seragam sekolah/berpakaian sopan

*  berkata sopan

*  selalu mengikuti pembelajaran

*  selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru

*  lainnya, sebutkan ….

 

2.        Apakah peserta didik hadir tepat waktu mengikuti pembelajaran?

o    Ya

o    Tidak

Jika tidak, penyebabnya:

*  Koneksi internet tidak stabil

*  Tidak ada koneksi internet

*  Tidak mengetahui jadwal pembelajaran daring/luring

*  Lainnya, tuliskan …………………………………………………………………….

 

3.        Apakah peserta didik mengumpulkan tugas tepat pada waktunya?

o    Ya

o    Tidak

Jika tidak, penyebabnya:

*  Waktu penyelesaian tugas terlalu singkat

*  Tidak paham dengan tugas yang diberikan

*  Tidak mendapatkan bimbingan saat mengerjakan tugas

*  Malas

*  Tugas menumpuk, karena semua guru memberikan tugas

*  Lainnya, tuliskan …………..

 

4.        Cara siswa menyampaikan pendapat :

*  Siswa mengemukakan pendapat dengan sopan

*  Pendapat yang diberikan, sesuai dengan materi yang sedang di bahas

*  Menghargai pendapat siswa lain

 

Budaya Membaca

5.        Apakah peserta didik menunjukkan kegemaran membaca modul,  buku pelajaran, buku fiksi dan lain-lain (literasi)

o    Ya

o    Tidak

Jika tidak, penyebabnya:

*  Tidak ada modul

*  Tidak ada buku pelajaran

*  Tidak ada buku fiksi

*  Lainnya, sebutkan

 

Budaya Menulis

6.        Apakah peserta didik menunjukkan kegemaran membaca modul,  buku pelajaran, buku fiksi dan lain-lain (literasi)?

o    Ya

o    Tidak

Jika tidak, penyebabnya:

*  Sekolah tidak melakukan bimbingan

*  Sekolah tidak memfasilitasi

*  Sekolah tidak mempublikasikan

*  Lainnya, sebutkan ….

 

Usaha Siswa dalam Mendapatkan Informasi

7.        Usaha apa yang dilakukan peserta didik untuk mendapatkan berbagai informasi :

ð          Mengakses internet

ð          Membaca buku pelajaran

ð          Lainnya (tuliskan) :

      ……………………………..............................................

8.        Sebutkan sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik ....

ð          Internet

ð          Lingkungan

ð          Buku dan modul

ð          Lainnya, tuliskan ……….

 

Prestasi yang dihasilkan siswa dalam lingkup ilmu pengetahuan

9.        Apakah peserta didik ada yang berhasil menjuarai lomba OSN tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional (tahun 2020)

o    Ya

o    Tidak

10.    Berapa persentase peserta didik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (khusus lulusan SMA dan SMK) (tahun 2020)?

o    0 – 25%

o    26% – 50 %

o    51% – 75 %

o    76 % - 100 %

11.    Berapa persentase lulusan yang diterima di dunia usaha dan industri (khusus lulusan SMK) (tahun 2020)

o    0 – 25%

o    26% – 50 %

o    51% – 75 %

o    76 % - 100 %

12.    Apakah satuan pendidikan menerapkan penilaian dan pembelajaran HOTS?

o    ya

o    tidak

Prestasi yang dihasilkan siswa dalam lingkup minat dan bakat

13.    Apakah peserta didik ada yang berhasil menjuarai lomba kesenian  tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional (tahun 2020)?

o    Ya

o    Tidak

 

14.    Apakah peserta didik ada yang berhasil menjuarai lomba olahraga  tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional?

o    Ya

o    Tidak

Pola Pikir Siswa

15.    Kegiatan BDR yang telah dilaksanakan, apakah memberikan pengalaman kepada peserta didik ?

o    Ya

o    Tidak

16.    Apakah kegiatan belajar dari rumah memberikan pengalaman belajar meningkatkan keterampilan  berfikir peserta didik ?

o    Ya

o    Tidak

 

17.    Apakah keterampilan berfikir yang diimplementasikan melalui belajar dari rumah?

ð          Kritis dan pemecahan masalah

ð          Kreatif dan inovatif

ð          Kolaboratif

ð          Komunikatif

 

Pemahaman Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran

18.    Apakah peserta didik memahami tujuan pembelajaran?

o    Ya

o    Tidak

Jika tidak, penyebabnya ….

ð          Guru tidak melaksanakan pembelajaran

ð          Guru tidak memberi tugas pada peserta didik

ð          Guru tidak memeriksa tugas peserta didik

ð          Sekolah tidak memantau proses pembelajaran

ð          Lainnya, tuliskan ….

 

Memastikan hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif 

 

19.    Apakah hasil belajar peserta didik dinilai serta diberi umpan balik?

o    Ya

o    Tidak

Jika ya, dalam bentuk apa. Tuliskan ….

Jika tidak, penyebabnya:

ð          Sekolah tidak memeriksa hasil kerja siswa

ð          Sekolah tidak memberikan tugas selama BDR

ð          Guru tidak memeriksa hasil kerja siswa

ð          Lainnya, tuliskan ….

 

Budaya gotong royong dan partsisipasi masyarakat dalam mendukung program yang ada di sekolah

 

20.     Apakah sekolah melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan program sekolah?

o  Ya

o  Tidak

JIka ya, keterlibatan masyarakat dalam bentuk

ð          Sebagai narasumber dalam kegiatan ekstra kulikuler

ð          Sebagai narasumber dalam kegiatan pembelajaran di sekolah

ð          Memfasilitasi kelancaran kegiatan siswa untuk meningkatkan kompetensinya

ð          Lainnya, tuliskan

 

Jika tidak, berikan alasan …………………………………………………………………………………………

 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Posting Komentar